Selasa, 28 Juli 2015


       Sebagai awal pendidikan bagi anak didik sekolah dari TK/RA sampai MA/SMK/SMA diisi dengan upacara. Kepala Madrasah Lalu Muhammad Nurul Wathoni, M.Pd.I. menjadi Irup sekaligus membuka kegiatan Masa Orientasi Sekolah (MOS) di MTs – MA Bina Ummah, Senin (27/7/2015).

Kepala Madrasah dalam sambutan yang mengucapkan selamat kepada semua siswa/i baru dari yang telah berhasil menjadi siswa baru pada tahun pelajaran 2015/2016, juga kepada anak yang telah berhasil naik kelas.

Sebagi murid baru atau siswa kelas yang lebih tingi merupakan kesempatan dan tantangan bagi kalian untuk lebih mengembangkan potensi diri. Apalagi kurikulum pendidkan formal yang selalu dilakukan inovasi dan penyemprnaan dengan pengemplementasian Kurikulum 2013 di Madrasah Bina Ummah untuk kelas I, II, IV, V, VII, VIII, X dan XI sesuai Intruksi Derjen Pendidikan Madrasah Kemenag RI. Hal ini hasil refleksi dari dari penyempurnaan kurikulum dengan peng-integrasian masalah kenakalan remaja, bahaya narkoba, HIV/AIDS, bencana alam, KB dan lainnya.

Kita patut berbangga dan bersyukur dengan dunia pendidikan di Kota Batam. Untuk tahun 2015 Prestasi yang diraih Madrasah Bina Ummah dalam UN dan UAMBN 2015 yakni hasil rata-rata Niali Akhir meningkat dari tahun 2014 dan termasuk tinggi se Kepulauan Riau.

Lebih lanjut dikatakan Masa Orientasi Siswa (MOS) memang perlu dilakukan untuk pengenalan siswa didik baru. Dalam pengenalan sekolah, penyampaian materi pada hari awal masuk sekolah harus memperhatikan faktor perkembangan kemampuan mental psikologis peserta didik. Perbedaan fisik dan usia harus menjadi pertimbangan tersendiri. MOS harus edukatif bukan destruktif, mewujudkan kultur sekolah dan dalam rangka implementasi dari visi dan visi Madrasah Bina Ummah.

Sementara Pembina MOS Madrasah Bina Ummah Maswandi Tanjung, S.Pd. dalam laporannya mengatakan kegiatan tersebut bertujuan : membekali siswa/i dengan pengetahuan umum dan khusus, membekali pengetahuan UUD 45, Pancasila, Persatuan dan kesatuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan kebangsaan, membekali pengetahuan kemadrasahan dan menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti dan tangungjawan serta toleransi. Waktu pelaksanaan selama tiga hari yakni mulati tanggal 27 s.d 29 Juli 2015, dengan materi visi dan misi Madrasah Bina Ummah, tata tertib, nasionalisme dan kebangsaan, lagu daerah dan nasional dengan nara sumber Guru-guru Madrasah Bina Ummah. Adapun tempatnya di Lokasi di Madrasah Bina Ummah.









0 komentar :

Posting Komentar