Jumat, 03 Juli 2015

Orientasi Pengenalan Sistem Akademik Madrasah Bina Ummah TP. 2015/2016

I. Selayang Pandang Bina Ummah
a. Profil (Identitas, Legalitas, Visi, Misi dan Tujuan)

Madrasah Bina Ummah merupakan salah satu wadah pendidikan formal yang bersetatus swasta berdomisili dikelurahan kibing Kecamatan Batu Aji. MI Bina Ummah berda dibawah Naungan Yayasan Pondok Pesantren Bina Ummah Doktor Haji Adamri Al Husainy yang didirikan oleh Al marhum DR H. Adamri Al Husainy dan Hj Mardiana Bt. Mohammad Yassin. Rekam jejak alm DR H. Adamri Al Husainy sebagai pendakwah kondang di kota Batam tidak asing mulai sejak tahun 1968, pernah menjadi pegawai Otorita Batam tahun 1976, menjadi Imam Besar Masjid Jami’ Baiturrahman Sekupang tahun 1984, menjadi penyantunan melalui berbagai gerakan. pada tahun 1999 Yayasan Bina Ummah lahir di Batu Aji Batam dan Pada tahun 2003 dimulainya pembukaan pendaftaran santri MI/SD diikuti MTs/SMP dan MA/SMA dengan dikeluarkannya Izin Oprasional dari kantor Departemen Agama kota Batam sebagai bukti legalitas tertulis dan SK BAP sebagai bukti terakuinya kualitas Pendidikan.

b. Visi, Misi Dan Tujuan Madrasah

1. Visi Madrasah Ibtidaiyah Bina Ummah

Sistem pendidikan terpadu berorientasi pada generasi Islam masa depan berkualitas: keimanan, akhlakul karimah, berkompetensi tinggi, berkepedulian sosial terhadap keluarga, agama, masyarakat, bangsa dan negara.

2. Misi Madrasah Ibtidaiyah Bina Ummah
1. Membentuk dan memupuk kemampuan yang fondamental peserta didik berupa ilmu pengetahuan agama, umum, keterampilan, keahlian, berinteraksi sosial yang dapat diaplikasikan dan disosialisikan dalam kehidupan bermasyarakat yang berasaskan Islam sehingga menjadi bekal bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi
2. Menyatukan ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap yang Islami sehingga peserta didik dapat tumbuh dan berkembang menjadi Insan yang memiliki iman taqwa dan ilmu pengetahuan teknologi.
3. Membentuk dan membina peserta didik menjadi manusia yang memiliki aqidah yang kuat, akhlakul karimah, amal sholeh, pemikiran yang cerdas, fisik yang kuat dan sehat, menanamkan disiplin yang tinggi sehingga mental tangguh terbentuknya insan mandiri yang madani.





3. Tujuan Madrasah Ibtidaiyah Bina Ummah

Menjadikan peserta didik yang memiliki watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, demi perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

c. Struktur Organisasi (Yayasan/ MSA dan Madrasah)

c.1. Struktur Yayasan & MSA

Dewan Pendiri : Taufiqurrahman

Ketua : Hj. Ummi Mardiana Adamri Al Husainy (MSA: Ketua)

Sekretaris : Fathurrahman, SE

Bendahara : Ithru Darina, S.Pd. Kons (MSA: Dir. Keuangan & TU)

Pengawas : Ida Aliya, A.Ma. (MSA: Dir. Pendidikan)

Riko Valentino, SH.

Nurhayati Asman, A.Md.

c.2. Struktur Madrasah

Kepala Madrasah : Lalu Muhammad Nurul Wathoni, M.Pd.I.

Waka Kurikulum MI : Siti Naisyah, S.Pd.

Wakur MTs-MA : Rahmadani Samosir

Waka Kesiswaan : Jefri Heriandi, S.Pd.

Waka Sarpras : Rilyani Shakilla, S.Pd.I.

Bendahara Madrasah : Wira Wati, S.Pd.SD.

TU Madrasah : Della Rifani

Perpustakaan & UKS : Asmah



Wali Kelas I :

Wali Kelas II : Rilyani Shakilla, S.Pd.I.

Wali Kelas III :

Wali Kelas IV :

Wali Kelas V :

Wali Kelas VI : Siti Naisyah, S.Pd.

Wali Kelas VII :

Wali Kelas VIII : Maswandi Tanjung, S.Pd.

Wali Kelas IX - XII :



Guru Bidang Studi :

1. Lalu Muhammad Nurul Wathoni, M.Pd.I.

2. Drs. Muhammad Asri

3. Rahmadani Samosir

4. Jefri Heriandi, S.Pd.

5. Asmah

6.



II. Sistem Pembelajaran

a. Tata Tertib Peserta Didik

(terlampir; referensi buku penghubung 2014)



b. Schedulle PBM


No

Hari

Kelas

Waktu

Keterangan


1

Senin

I s/d XII

07.00 – 08.00

Upacara Bendera


2

Selasa s/d Kamis

I s/d XII

07.00 – 07.30

Shalat Sunnah Duha dan Muraja’ah PHDT (Pembiasaan Hadits dan Do’a)


3

Senin s/d Kamis

I s/d XII

07.30 – 08.40

Belajar Al-Qur’an Metode Usmani


4

Rabu

I sd XII

14.30-15.30

Pramuka


5

Jum’at

I s/d XII

07.00 – 08.00

Shlawatan dan Dzikir Asmaul Husna


6

Jum’at

I s/d XII

08.00 – 08.30

13.00–15.30

Operasi Semut/ Gotong Royong

Ekstrakurikuler


7

Senin s/d Jumat

I s/d XII

09.00 – 10.10

10.30 – 12.20

Pelajaran reguler

Pelajaran reguler


8

Senin s/d Jumat

IV s/d VI

09.00 – 10.10

10.30 – 12.20

13.00 – 15.10

Pelajaran reguler

Pelajaran reguler

Pelajaran reguler


9

Senin

III - XII



Puasa Sunnah Day


10

Selasa

I - XII



English Day


11

Rabu

I - XII



Arabic Day


12

Kamis

III- XII



Puasa Sunnah Day


13

Jum’at

I - XII



Melayu Day


2. Siswa harus berada di sekolah selambat lambatnya 15 menit sebelum pelajaran dimulai (06.45) jika siswa terlambat harus melaporkan kepada guru piket.

3. Bel tanda masuk dibunyikan pada pukul 07.00 WIB dan siswa menuju ke Masjid dengan membawa perangkat Sholat dan membawa Buku PHDT yang dibimbing majlis guru saat mengambil Wudu’, Shalat dan Pembacaan PHDT

4. Pukul.07:10 WIB gerbang masuk sekolah di tutup.

Konsekuensi:

a. Siswa yang terlambat lebih dari pukul 07.00 konsekuensinya istigfar 50, bersholawat 50 x dan Membersihkan lingkungan madrasah membuang sampah ke TPS

b. Siswa yang terlambat lebih dari pukul 07:10 konsekuensinya istigfar 50, bersholawat 50 x, murojaah 2 surat Juz Amma dan Membersihkan lingkungan madrasah membuang sampah ke TPS

c. Siswa yang melanggar tata tertib akan diberikan sangsi dengan sistem poin yang telah diatur didalam buku tatatertib, bila poin terkumpul sampai 100 maka siswa lansung dikeluarkan setelah adanya peringatan I, II dan III.

d. Segala bentuk monitoring guru dan orang tua terhadap kegiatan harian siswa baik Ibadah, sikap, akademik dan keterampilan harus tetulis di buku penghubung.

c. Struktur Kurikulum



o KTSP & Kurikulum 2013

(terlampir)

o Lokal & Nasional

(terlampir)



d. GTK

(terlampir)

e. Ekstrakurikuler/ Pengembangan diri



a. Pramuka

b. Arabic Club

c. Englis Club

d. MIPA Club

e. MTK Club

f. TIK Club

g. Manasik Hajji

h. Kompang, Marawis & Qosidah

i. Voly

j. Bad Minton

k. Tenis Meja

l. Takraw



f. Program Unggulan

a. Tahfizh

b. Belajar & Tahsin Al-Qur’an sistem Usmani

c. Belajar Kitab Kuning

g. Pembiasaan & Budaya Madrasah

1. Menggunakan busana yang bersih dan rapi serta sesuai dengan syarat Islam dimana pun berada.

2. Mamakai Baju Seragam sesuai Jadwal


No

Hari

Jenis Seragam


1

Senin dan Selasa

Nasional (Merah Putih)


2

Rabu

Pramuka


3

Kamis

Batik


4

Jumat

Melayu


5

Sabtu

Olah Raga


Catatan : Pakaian Olah raga juga dipakai jika ada pelajaran Penjaskes atau ada kegiatan sejenis.



3. Menjunjung tinggi niai-nilai keislaman (mengucapkan salam, bersalaman, senyum, sapa dsb).

4. Menjaga kebersihan sekolah.

5. Berkata sopan dan santun sesuai dengan kaidah bahasa yang baik.

6. Saling menghormati dan menghargai.

7. Ibadah (Wudhu,sholat) dengan tertib

8. Makan minum sesuai adab Islam.

9. Baca tulis Al‐Qur’an,

10. tahfidzul qur’an,

11. Tilawatul Qur’an

12. Hari Bahasa arab

13. Hari Bahasa Inggris

14. Sholat Fardu Berjamaah

15. Shalat Sunnah Duha

16. Makan dan minum sesuai dengan adab Islami

17. Sopan santun dalam pergaulan

18. Disiflin Beribadah

19. Pembinaan Tilawah Qur’an

20. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

21. Infak Mingguan

22. Puasa Sunnah Senin & Kamis


23. Kegiatan Ibadah


No

Ibadah

Hari


1

Sholat fardu Dhuzur dan Ashar Berjama’ah

Senin – Jum’at


2

Sholat Sunat Dhuha

Senin s/d Jum’at


3

Pembiasaan Hadits, Do’a dan Tahfizh (PHDT)

Selasa s/d Kamis


4

Sholat Jum’at

Jumat


5

Dzikir Asmaul Husna

Jumat


6

Tahfizh Al-Qur’an (Hafalan Juz ‘ama)

Senin s/d Jum’at


7

Latihan Manasik Haji

Rabu pada Minggu 1


8

Latihan Mukhadharah (Ceramah/Pidato)

Jum’at Minggu 1


9

Tadarus dan baca tulis Al-Qur’an

Senin s/d Jum’at




h. Kultur Belajar; Full Day School Berkarakter

a. sistem pendidikan fullday school dan terpadu diterpakan di MI, MTs dan MA Bina Ummah TP 2015-2016 karena beberapa alasan, baik akademis maupun sosiologis. Secara akademis, sistem pendidikan fullday school dan terpadu dimaksudkan untuk meningkatkan volume dan mutu hasil belajar Madrasah Bina Ummah dengan menyediakan waktu belajar yang lebih lama di madarasah. Dan secara sosiologis, sistem pendidikan ini merupakan salah satu bentuk reaksi madrasah terhadap tuntutan globalisasi. Ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jika hal ini tidak ditanggapi secara bijak maka anak-anak didik bisa menjadi korbannya, terutama dampak dari teknologi komunikasi. Dengan semakin canggihnya perkembangan di dunia komunikasi, dunia seolah-olah menjadi tanpa batas (borderless world). Informasi begitu derasnya masuk ke rumah-rumah kita. Sistem pendidikan fullday school dan terpadu lahir sebagai salah satu solusi alternatif untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, baik dalam hal prestasi maupun moral.

b. Dan yang dimaksud dengan sistem pendidikan fullday school dan terpadu Madrasah Bina Ummah adalah sistem pendidikan dengan waktu belajar sehari penuh yang memadukan berbagai disiplin pelajaran yang berpusat pada suatu masalah atau topik berdasarkan kebutuhan peserta didik, kebutuhan masyarakat dan yang memadukan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pengembangan kepribadian peserta didik yang terintegrasi. Sistem pendidikan fullday school dan terpadu Madrasah Bina Ummah adalah proses integrated activity and integrated curriculum dengan metode pengajaran yang menarik minat, kreatif, dan inovatif disertai pengayaan (enrichment dan remedial).

c. Adapun tujuan sistem pendidikan fullday school dan terpadu Madrasah Bina ummah adalah untuk memberikan dasar yang kuat untuk mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan/ Intelegence Quotient (IQ), Emosional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) dengan berbagai inovasi yang efektif dan aktual. Kurikulum Madrasah Bina Ummah akan didesain untuk menjangkau masing-masing bagian dari perkembangan ini yakni untuk mengembangkan kreatifitas yang mencakup integritas dan kondisi tiga ranah (ranah kognitif, afektif dan psikomotorik).

d. Durasi jam efektif belajar fullday school pada MI, MTs dan MA Bina Ummah adalah mulai jam 07.00 WIB sampai dengan jam 15.30 WIB. Meski aktifitas siswa lebih banyak dilakukan di madrasah namun proses pembelajaran in sya Allah tidak akan membosankan karena proses pembelajaran tidak hanya berlangsung di dalam kelas melainkan juga di luar kelas anadaikan di dalam kelas maka banyak metode yang akan dikombinasikan dengan menggunakan pemebelajaran sistem Audio Visual. Dengan demikian, peserta didik tidak merasa terbebani oleh lamanya waktu belajar di Madrasah sebab model pembelajaran fullday school dan terpadu menggunakan metode pembelajaran dialogis-emansipatoris. Untuk menghindari dampak negatif program fullday school seperti siswa/i akan kelelahan setiba di rumah, kemudian tidur, dan malamnya pun mereka dituntut untuk belajar, maka solusi yang akan diterapkan yaitu pembelajaran Tak hanya menekankan sisi akademis, tapi juga menyeimbangkannya dengan memasukkan unsure lain seperti social, emosional, fisik, hingga spiritual di harapkan tetap dapat berjalan seimbang,”



i. Program diluar PBM

1. Out Bond

2. Kunjungan Pendidikan/ Study Tour/ Studi Banding

3. Kemping/ Berkemah Keperamukaan

4. Mengadakan PHBI (perayaan Hari Raya Islam)

5. Class Meeting

6. Porseni (Pekan Olahraga dan Seni)

7. O2Sn (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) dan FLS2n (Festival Lomba Seni Siswa Nasional)

8. Lomba Siswa Prestasi

9. Penerbitan Bulletin Bina Santri MI Bina Ummah

10. Penghijauan

11. Gotong Royong

12. Peringatan Hari Besar Nasional & Pendidikan

13. Pertandingan & Perlombaan; Porseni, Porseni, KSM, Aksioma dll



III. Metode Pengajaran

Penyeragaman Metode Pengajaran di MBU:

a. Metode qisah (bercerita) merupakan metode mengawali pembelajaran dengan cara memberikan kisah‐kisah yang menarik dan berupaya mengambil pelajaran atau hikmah dari kisah tersebut.

b. Metode Audio Visual; sistem pelajaran dengan media baik video, poworpoint ataupun media peraktik lainnay.

c. Metode Variasi Tempat Belajar yaitu siswa diberikan kebebasan untuk memilih tempat belajar seperti di taman sekolah, tempat parkir, kantin maupun di alam bebas suapaya siswa tidak merasa terbebani oleh lamanya waktu belajar di Madrasah.

d. Metode hiwar (dialog/sapa-menyapa) mempunyai dampak yang sangat mendalam terhadap jiwa pendengar (mustami’) atau pembaca yang mengikuti percakapan dengan seksama dan penuh perhatian.

e. Metode pembiasaan perlu dilakukan untuk membiasakan siswa melakukan ahlak terpuji, pembiasaan perogram baik yang dilakukan selama proses belajar‐mengajar maupun diluar peroses belajar mengajar, diantaranya adalah;

ü Penyambutan Siswa

ü Pembimbingan Ibadah Sunnah dan Fardu

ü Memperhatikan aktifitas dan Pergaulan siswa; mengarahkan/ menegur

ü Mendahulukan sikap dari pada Ucapan seperti, guru lebih dahulu sampai disekolah dari siswa, lebih dahulu berwudu sebelum siswa, lebaih dahulu di masjid sebelum siswa, berkata soapan dll.

ü Dzikir, Shalat sunnah dan membaca Al qur’an setelah shalat Fardu.

ü Pembiasaan Kegitan Mentoring; Dalam kegiatan mentoring, siswa diajak mengahafal doa‐doa harian dan hadis‐hadis pilihan yang berkaitan dengan aqidah dan ahlak. Seperti kegiatan PHDT (pembiasaan Hadits doa dan Tahfizh)

ü Penanaman kesenangan dalam melaksanakan kegiatan ibadah yaumiyyah

ü Pengarahan untuk patuh kepada aturan sekolah dan

ü Penananaman sikap ikram (hormat) kepada guru

ü selalu mengaitkan nilai‐nilai karakter pada materi‐materi pembelajaran dalam materi pembelajaran yang diampunya

ü Penanaman Nilai Akhlak Islami

ü Pembacaan ayat suci al‐Qur’an dari setiap kelas secara bergantian

ü Absensi siswa setiap kegiatan Ibadah

ü Persiapan Perangkat Pembelajaran 1 Minggu stiap hari Sabtu.

(perogram tersebut akan disusun dalam bentuk tabel)



IV. Kerjasama Stakeholder Madrasah

Yayasan, GTK dan Komite; Membentuk Majlis Ta’lim, Rapat Mingguan, Khatmul Qur’an dan Pengajian Bulanan.



V. Target Pencapaian Madrasah Bina Ummah

a. Tamat dari MBU minimal hafal 1 Juz (Juz ‘Amma)

b. Mahir Barbahasa Asing (Arab & Inggris)

c. Berfikir, Berucap dan Berbuat sesuai tuntunan Al qur’ & Sunnah Rasul

d. Mahir dalam mengoperasikan Teknologi



VI. Prestasi yang diraih MBU 2 tahun terakhir

1. Juara I Catur dan III Azan Porseni MI se-Rayon II kota Batam 2013

2. Juara I kejaran Kenpo Porkot Kota Batam 2014

3. Juara I Ujian Akhir Madrasah Bersetandar Nasional se-Kota Batam 2014

4. Juara Tahfizh 5 Juz Al Qur’an tingkat Kota Batam

5. PORSENI MI Kota Batam mendapat Juara II Tahfizah dan Juara III Lari

6. Beladiri Tingakat Provinsi dan Nasional

7. Juara I, II dan III P3K, Prakarya, Yel-yel Pramuka Hut Kwarcab Kota Batam

8. Juara III Azan MKKS SMP

9. Aksioma Kota Batam Juara I dan II Tahfizah 10 Juz, Ijuara I & III Tenis Meja, Juara III Pidato

10. Lomba KSM

11. Juara I UMBN MTs dan Juara II UAMBN MI

12.

VII. Informasi Mulai PBM

a. Hari Efektif TP 2015/2016 27 Juli 2015


0 komentar :

Posting Komentar